Wisata Gunung Merapi, Lihat Apa Aja, Sih?

Gunung Merapi memang telah mencetak sebuah sejarah di Indonesia. Saat ini, Gunung tersebut menjadi sorotan seluruh dunia, ditambah dengan pilihan pariwisata yaitu “Lava Tour” dengan beragam opsi untuk berkeliling dan mengenal Gunung Merapi lebih jauh lagi. Biasanya, jika para wisatawan mancanegara ingin mengincar sunrise disini, wisatawan Indonesia lebih cenderung untuk berkeliling saja sambil mengenal lebih jauh peninggalan-peninggalan dan apa saja di Gunung merapi tersebut. Ini dia spot-spot indah yang patut untuk kamu datangi.

1. Kali Opak
kali opak

Memiliki hulu di lereng Gunung sebelah selatan, sungai ini merupakan sungai yang dilewati oleh lahar dingin setelah erupsi Gunung Merapi. Jika anda menyewa sebuah jeep dan ingin merasakan sensasi wisata Lava Tour lain daripada lainnya, maka anda bisa berjalan langsung ditengah-tengah kali Opak tersebut.

2. Makam Mbah Marijan

Tentu anda pernah mendengar Mbah Marijan, bukan? Juru kunci dari Gunung Merapi ini turut serta menjadi seorang korban dari erupsi Gunung Merapi di tahun 2010 silam, sehingga dibuatlah makam spesial dimana para pengunjung bisa memberi hormat pada Mbah Marijan.

3. Museum Gunung Merapi
museum gunung merapi

Jika ingin mengetahui sejarahnya diawal secara langsung dan dengan suasana nyaman, maka anda bisa berkunjung ke museum Gunung Merapi ini. Apalagi, disini terdapat juga wahana edukasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan bencana alam. Letak dari museum ini sendiri adalah di lereng Merapi. Banyak juga rombongan sekolah yang berkunjung ketempat ini untuk belajar.

4. Bukit Glagahsari

Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan lain selain lereng dan Gunung Merapi itu sendiri, maka berhenti sejenak di Bukit Glagahsari yang terletak di dekat Dusun Srunen ataupun Makam Mbah Maridjan ini. Ditempat ini, jika tidak tertutup oleh awan ataupun kabut, anda bisa menikmati pemandangan indah dari kota Yogyakarta dan juga Klaten, ditambah dengan pepohonan rindang mengelilingi tempat tersebut.

5. Batu Gajah Kepuharjo

Batu yang berukuran sangat besar ini adalah hasil dari lahar panas erupsi Merapi. Letaknya di pinggir jalan diantara dua Desa yaitu Kepuharjo & Glagaharjo. Hal teruniknya, batu ini dikabarkan tidak bisa pecah meskipun telah diketok dengan alat apapun.

Jika anda mencari seorang guide terpercaya untuk menjelajahi wisata Gunung Merapi ini, maka anda bisa langsung cek ke indoneo.com, dimana website ini menawarkan pake wisata Lava Tour Merapi yang sangat terjangkau dengan minimum peserta. Yuk, segera cek websitenya ya!