Borobudur, sebuah desa kecil – dimana Candi Budha terbesar terletak. Sebagian besar wisatawan hanya datang mengunjungi Candi ini saja – kemudian pulang,  tidak banyak yang tahu, ternyata banyak sekali potensi wisata di Borobudur yang bisa kita nikmati. Salah satunya adalah VW Tour Borobudur. Berkeliling, melewati jalan pedesaan yang masih asri dengan pepohonan kelapa yang berderet rapi di pinggiran jalan dan hijaunya tanaman padi menambah ceria wisata dengan VW Cabrio setelah kami melihat keindahan sunrise dari Punthuk Setumbu.

VW membawa kami dan team melintasi area persawahan hijau

Volkswagen 182 Classic

Armada yang digunakan untuk berkeliling desa wisata menggunakan tipe Volkswagen 182. Atap mobil terbuka dan kapasitas penumpang 4 hingga 5 termasuk supir dan dengan berbagai macam warna tentunya akan menambah daya tarik wisatawan. Saat ini, sudah ada sekitar 70 armada yang disediakan.

Volkswagen tipe 181/ 182 (Setir di kanan) pada awalnya adalah kendaraan militer kecil yang dipakai Jerman saat Perang Dunia II. Diproduksi pada tahun 1969 hingga 1983

Mulai perjalanan mengelilingi pedesaan di sekitar Candi Borobudur

Pilih sendiri rute dan durasi wisatamu

Ada 3 paket wisata yang bisa kita pilih, antara lain :

SHORT Rp 350.000 / mobil
✓ Durasi 2 – 2,5 jam perjalanan
✓ Tour jelajah desa sekitar candi Borobudur
✓ Kunjungan 2 obyek wisata sekitar candi borobudur
===============

MEDIUM
Rp 450.000,-
✓ Durasi 3,5 – 4 jam perjalanan
✓ Tour jelajah desa sekitar candi Borobudur
✓ Kunjungan 3 obyek wisata sekitar candi Borobudur
===============

LONG
Rp 600.000,- / mobil
✓ Durasi 5 – 6 jam perjalanan
✓ Tour jelajah Desa sekitar candi Borobudur
✓ kunjungan 4 Obyek wisata di sekitar candi borobudur

Karena waktu kami yang terbatas, maka kami memilih short trip dengan mengunjungi 2 Desa Wisata :

  • Desa Nglipoh

Sebagai pusat pengrajin Gerabah, disini kita bisa belajar membuat gerabah sendiri. Namun, proses pembakaran gerabah yang cukup lama menyebabkan kita tidak bisa langsung membawa pulang hasil karya kita. Tapi tidak usah kawatir, kita bisa meminta pemilik sanggar untuk mengirimkannya via pos.

Pengrajin Gerabah menunjukan cara membuat Asbak

 

Wisatawan yang mengabadikan pembuatan souvenir

Bagi warga sekitar yang bergelut dengan tanah liat setiap hari, hanya butuh waktu 2 hingga 3 menit saja untuk menghasilkan asbak dengan motif stupa Candi Borobudur di tengah-tengahnya. Selain memproduksi souvenir, warga juga membuat kuali, sangan bolong dan lain-lain. Setelah menghabiskan waktu kurang lebih satu jam, kami menuju destinasi selanjutnya, yaitu :

  • Omah Saking Ndene

Rumah pribadi sekaligus sebuah galeri kesenian gamelan atau karawitan yang terletak di Desa Giri Tengah ini menawarkan pelajaran karawitan atau seni musik jawa dengan cepat. Pak Tijab akan mengajarkan nada basik mudah yang bisa kita coba. Ada beberapa alat musik yang di gunakan, antara lain : Kenong, Saron, Demung, Slenthem, Gong, Gambang, Sitter, Gender, Kendang, dan Bonang . Jadi untuk memaninkan dibutuhkan minimal 10 orang.

Alat music Gamelan

 

Salah satu wisatawan yang sedang mamainkan Bonang

 

Berikut ini objek wisata yang bisa kita pilih selain 2 tempat diatas :

# Rumah Kamera
# Gereja Ayam
# Puthuk Setumbu
# Pereng Nduwet
# Candi Mendut
# Candi Pawon
# Desa wisata Candirejo
# Souvenir kerajinan Gerabah
# Souvenir Kayu
# Junkyard Autopark
# Balkondes
# Penangkaran Lebah Madu
# Kerajinan Batik
# DLL

Yang perlu dipersiapkan saat menikmati wisata VW Cabrio

Karena sebagian jalanan desa yang masih tanah dan mobil terbuka maka mintalah kepada driver masker. Bawa Kacamata hitam dan sunblock untuk melindungi diri dari panasnya sinar matahari. Terlebih saat musim kemarau. Lebih disarankan mengikuti akivitas pagi hari saat udara masih sejuk dan sinar Matahari yang tidak terlalu terik.

Mobil Cabrio berjalan perlahan supaya wisatawan bisa mengabadikan sekeliling

Jadi, kamu yakin gak mau ikut wisata seru ini? Hubungi kami di sini untuk melakukan pemesanan atau Anda bisa langsung menghubungi team Indoneo melalui WhatsApp/ SMS/ Telepon di nomor berikut +62 822 66008873.