Ini 7 Tempat Wisata di Jogja yang Cocok Untuk Habiskan Libur Lebaran Anda Nanti

Jika Yogyakarta adalah kota asal anda dan tujuan mudik di saat lebaran nanti, pastinya akan sangat menyenangkan kembali ke kota gudeg yang sekarang berjargon “istimewa” ini. Pulang ke kampung halaman sebesar Jogja pasti memiliki kesan tersendiri, apalagi jika selama ini anda sudah lama tak pulang kampug. Sambil berkumpul bersama sanak saudara pastinya akan menyempatkan waktu untuk menghabiskan suasana lebaran dengan pengalaman yang berbeda. Anda bisa memilih untuk berlibur ke beberapa destinasi wisata di area Yogyakarta yang dapat diakses oleh keluarga anda. Berikut beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang cocok untuk menghabiskan liburan lebaran nanti.

1. Kebun Buah Mangunan

Ingin menikmati suasana alam dari atas bukit? Anda patut mengajak keluarga anda mengunjungi Kebun Buah Mangunan yang ada di selatan Yogyakarta. Anda akan disuguhi pemandangan pegunungan Sewu yang masih asri dan penampakan Sungai Oyo yang airnya berwarna hijau toska di bawahnya. Ada banyak pohon buah yang ditanam di sini dan pastinya anda bisa memetik sendiri buahnya dan membelinya langsung. Suasana yang paling pas untuk menikmati suasana Kebun Buah Mangunan adalah pagi hari dan sore hari.

Pada pagi hari yang cerah sebelum matahari terbit, anda akan mendapatkan pemandangan luar biasa berupa aliran awan di bawah anda. Kebun buah ini serasa seperti berada di atas awan sambil menikmati terbitnya fajar. Sedangkan di sore hari anda akan mendapatkan suasana sejuk pegunungan yang ramah dan indah. Tempat terbuka yang sejuk seperti ini adalah tempat yang cocok untuk anda dan keluarga menghabiskan waktu bersama. Di puncak tertingginya terdapat gardu pandang yang akan memberikan panorama yang lebih luas sejauh mata memandang.

2. Sindu Kusuma Edupark

Yogyakarta memiliki wahana hiburan di tengah kota yang bisa jadi destinasi anda saat liburan lebaran. Sindu Kusuma Edupark adalah wahana hiburan yang berada di Jalan Magelang Km.2. Di sini ada banyak wahana yang bisa dimainkan bersama keluarga. Dengan tema edukasi yang kental, setiap wahana dan tampilannya dibuat dengan menonjolkan muatan lokal seperti miniatur Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Ada juga wahana bianglala atau Cakra Manggilingan yang menjadi ikon Sindu Kusuma Edupark ini yang bisa terlihat dari kejauhan. Menaikinya hingga titik tertinggi akan meluaskan pandangan anda ke arah kota Jogja.

Tempat yang baru dibuka tahun 2014 ini adalah salah satu destinasi yang diandalkan saat mengajak keluarga dan anak-anak bertamasya. Lokasinya yang mudah dijangkau dan tarif yang lumayan bersahabat membuat tempat ini layak dikunjungi.

3. Museum Ulen Sentalu

Jika anda sudah bosan dengan wisata budaya Kraton di pusat kota Yogyakarta yang mungkin sudah beberapa kali mengunjunginya, mungkin anda harus mencoba mendatangi museum Ulen Sentalu yang berada di kawasan Kaliurang. Tentunya belum banyak yang tahu tentang keberadaan museum yang dikelola oleh pihak swasta ini. Di dalam museum anda bisa menemukukan peninggalan Kerajaan Mataram yang selama ini tidak anda temukan di museum manapun.

Dengan didampingi oleh pemandu, anda akan mendapatkan penjelasan yang lengkap tentang segala benda yang dipajang. Anda bisa bertanya sepuasnya kepada pemandu tentang kebudayaan Jawa dan peninggalan Kraton Surakarta dan Kraton Yogyakarta yang ada di sini. Ada beberapa ruang yang dibagi menurut pajangannya seperti Ruang Seni dan Gamelan, Ruang Guwo Selo Giri, Kampung Kambang,dan Ruang Sasana Sekar Bawana. Saat berada di pintu masuknya anda akan mendapatkan desain bangunan yang sangat antik hingga masuk ke dalamnya dan keluar dari museum dari pintu keluar yang berbeda. Setengah dari bangunan museum berada di bawah tanah yang memberikan kesan dramatis saat menelurusi setiap lorong dan ruangannya. Keluarga anda akan mendapatkan pengalaman menarik sambil mengorek sejarah Jawa di museum ini.

4. Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark

Jika anda menginginkan wahana bermain air di Yogyakarta maka anda bisa merujuk pada Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark. Wahana waterpark seluas 7,7 hektar ini memiliki 19 jenis wahana permainan yang bisa anda jajal sepuas-puasnya. Jangan kaget jika semua wahana yang ada di dalamnya membuat anda takjub karena memang waterpark yang satu ini diklaim sebagai waterpark terbesar, tercanggih, dan terlengkap di Indonesia. Dengan tema bajak laut seperti waterpark di Bali dan Orlando membuat konsep setiap sudut sangat matang dan sesuai.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Di tempat ini juga ada wahana permainan unggulan yang disebut “How to Survive In Tsunami and Earthquake” yang akan mengajarkan pengunjung bagaimana menyelamatkan diri dari tsunami dan gempa bumi dengan simulasi ombak yang mirip dengan tsunami sebenarnya. Lokasinya yang tepat berada di utara Stadion Maguwoharjo ini cukup ideal dan memiliki akses yang cukup leluasa.

5. Malioboro

Yogyakarta tentu saja akan dikaitkan dengan Jalan Malioboro. Tapi jika anda sudah seringkali menjelajahi Malioboro maka ada yang berbeda di Jalan Malioboro belakangan ini. Kawasan Malioboro sudah memiliki wajah baru yang lebih ramah untuk para pelancong. Terlihat dari telah ditertibkannya area parkir yang biasanya berada di pinggir jalan yang telah dialihkan ke tempat parkir baru yang lebih kondusif. Tentu ini akan memberikan ruang publik yang lebih lega bagi para pejalan kaki. Penataan yang lebih baik juga ditunjukkan dengan pengaturan para pedagang kaki lima, beberapa fasilitas umum, hingga area titik nol yang lebih segar. Berkunjung ke Malioboro dengan wajah baru ini bisa anda jadikan satu kegiatan bersama keluarga. Sekalian belanja sekalian menikmati suasana Jogja di pusat kota yang bersahaja.

6. Pantai Indrayanti

Kawasan pantai Gunungkidul memang menarik perhatian untuk dikunjungi. Anda bisa menikmati pasir putih, ombak segar, dan birunya laut samudera di pantai-pantai di Gunungkidul. Salah satu pantai yang ramai adalah Pantai Indrayanti yang sudah memiliki fasilitas lengkap seperti restoran, gazebo, hingga penginapan.

Pengelola memang sangat antusias untuk mengembangkan pantai ini menjadi lebih ramai dan tentunya tetap nyaman. Anda dilarang untuk membuang sampah sembarangan karena pengelola pantai akan mengenakan denda bagi anda. Peraturan tersebut membuat bibir pantai terlihat bersih dan layak jadi tempat liburan bersama keluarga. Gubuk-gubuk yang ada di pinggir pantai bisa jadi arena yang pas untuk keluarga besar menikmati angin pantai yang bertiup santai.

7. Gua Pindul

Menikmati suasana alam sambil memacu adrenalin dengan mengunjungi Gua Pindul adalah pilihan tepat. Anda bisa berpetualang menelusuri gua karst dengan cara mengapung di ban menelusuri sungai bawah tanah. Petualangan ini akan semakin seru jika dilakukan bersama-sama keluarga dan kerabat terdekat. Dengna peralatan lengkap anda akan didampingi oleh seorang pemandu yang akan mengajak anda masuk ke Gua Pindul berbasah-basahan menelusuri sungai. Aktifitas cave tubing ini akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam dan menempuh lorong gua sepanjang 350 meter. Dengan arus sungai yang tenang anda tak perlu khawatir akan kesulitan mengontrol ban. Wahana Gua Pindul ini cocok dilakukan bagi orang dewasa dan anak-anak.

Itu dia 7 destinasi yang bisa anda datangi bersama keluarga saat libur lebaran. Ada baiknya anda mencari informasi lebih detail tentang rute yang sesuai dengan area anda dan harga tiket masuk yang berlaku tahun ini.