10 Tempat Wisata Air Terbaru Di Yogyakarta

Tidak salah jika Yogyakarta mem-branding dirinya dengan slogan “never ending Asia.” Pesona kota ini seakan tidak pernah ada habisnya. Selalu ada potensi wisata yang dapat digali dari waktu ke waktu.

Dalam hal wisata air pun Yogyakarta bisa dibilang kaya akan tempat wisata jenis ini. Dan membahas wisata air pun tentunya belum sah jika tidak menyebutkan Gunung Kidul dengan pantai-pantainya yang cantik dan, seringkali, masih tersembunyi.

Pantai-pantai seperti Baron, Kukup dan Krakal memang telah banyak terekspos, tapi ternyata masih ada  pantai lain yang belum terlalu banyak dikunjungi turis. Seperti pantai-pantai berikut ini:

Pantai-pantai seperti Baron, Kukup dan Krakal memang telah banyak terekspos, tapi ternyata masih ada pantai lain yang belum terlalu banyak dikunjungi turis. Seperti pantai-pantai berikut ini:

  • Pantai Ngungap

Pantai ini terletak di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo. Nama Pantai ini berasal dari kata dalam bahasa Jawa yaitu “ngungak” yang berarti menengok. Ini karena untuk menikmati keindahan pantai, para wisatawan harus menengok ke arah bawah melalui tebing-tebing karang. Di sini, wisatawan dapat menikmati aktivitas di kawasan pantai dimana warga memanen sarang burung walet yang terletak di pinggir laut, tepat di antara tebing karang. Pantai ini juga cocok bagi Anda pecinta fotografi dengan suasananya yang masih sangat alami dan tenang karena belum banyak terjamah oleh wisatawan. Tidak ada fasilitas di area tempat wisata, hanya ada gardu pandang yang dibangun penduduk sekitar.

Meskipun letak pantai Ngungap ini sedikit terpencil namun akses jalan bisa dibilang cukup baik. Tempat wisata ini juga cocok bagi Anda yang hobi memancing.

  • Pantai Gesing

Pantai ini berlokasi di Padukuhan Panjomolyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang dan berada di teluk yang menjadikannya diapit oleh tebing. Dengan pasir putih dan ombak yang kecil, pantai Gesing sangat cocok untuk wisata keluarga. Istimewanya, pantai ini memiliki gradasi permukaan air dari warna hijau terang ke warna biru.

destinasi-wisata

Selain itu, pantai Gesing tidak terlalu besar. Karena itu, pantai ini menjadi tempat berlabuh para nelayan, baik lokal atau pun nelayan dari luar daerah seperti dari Kebumen atau Pacitan. Ramainya nelayan juga menjadikan lokasi sebagai Tempat Pelelangan Ikan. Untuk itu, tempat ini sangat tepat bagi Anda yang gemar wisata kuliner. Dengan ikan yang berlimpah di Pantai Gesing, Anda dapat menikmati sajian ikan segar dari jajaran warung di lokasi. Harga ikan terbilang cukup murah, misalnya ikan kakap sawo besar dan berdaging dapat dihargai hingga Rp35.000 per kilo. Pantai ini juga digemari oleh para pemancing karena ada beberapa spot memancing yang direkomendasikan.

Tidak banyak penanda yang mengarah ke pantai ini. Selain itu, akses jalan menuju ke pantai cukup menantang dengan jalan yang masih berbatu.

  • Pantai Watu Lawang

Terletak di Kecamatan Tepus, pantai ini berdekatan dengan Pantai Indrayanti dan Pantai Pok Tunggal. Meskipun begitu, pantai ini masih relatif sepi. Di tempat wisata ini, ada 2 hamparan pasir putih lembut yang dipisahkan oleh batu karang besar atau batuan karst ciri khas dari kabupaten Gunung Kidul.

Nama Watu Lawang sendiri berasal dari sebuah gua dengan batu menyerupai pintu di mulut gua tersebut. Konon menurut cerita gua tersebut merupakan jejak peninggalan Prabu Brawijaya VI. Gua ini pun digunakan penduduk setempat untuk upacara adat Nyadran atau Sadranan dan hanya dibuka oleh juru kunci ketika berlangsungnya upacara tersebut.

Pantai ini telah memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk pengunjung seperti gazebo, warung makan, toilet, dan tempat parkir. Selain itu, ada penginapan dengan tarif yang lumayan terjangkau untuk Anda yang ingin bermalam di pantai ini.

  • Pantai Jungwok

Pantai ini berlokasi di Desa Jepitu kecamatan Girisubo. Begitu sepinya pantai ini, jika Anda datang di luar akhir pekan, Anda bisa menikmati sensasi pantai pribadi. Dengan suasana yang tenang dan tidak terlalu ramai ini, pantai Jungwok juga sering menjadi lokasi camping.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Garis pantai Jungwok cukup panjang. Anda dapat menyaksikan keindahan pantai dari atas bukit yang ada di sekitar pantai. Penduduk lokal menyebut bukit ini Bukit Manjung. Ada pula sebuah batu besar bernama Watu Topi yang sering digunakan untuk memancing oleh warga sekitar.

  • Pantai Wohkudu

Satu lagi pantai yang cocok bagi Anda yang menginginkan suasana tenang dan damai. Pantai yang terletak di Girikarto, Panggang ini sering digunakan untuk camping karena suasananya yang tenang dan sepi. Ini dikarenakan lokasi pantai yang sangat terpencil dimana pengunjung harus berjalan melewati jalan setapak di antara perkebunan penduduk. Selain itu, pantai ini tidak luas.

Panjangnya hanya sekitar 100 meter dan diapit oleh dua buah tebing yang cukup tinggi. Maka jika Anda tidak berencana untuk camping, sebaiknya datanglah di pagi atau siang hari karena menjelang sore pantai ini akan lebih cepat gelap dengan bayangan tebing.

Tidak ada petunjuk yang mengarahkan ke pantai ini. Jika beruntung, Anda dapat menemui penduduk setempat yang sedang berada di ladang untuk menunjukkan arah ke Pantai Wohkudu.

  • Pantai Dadap Ayam

Berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Pantai ini belum dilengkapi dengan fasilitas umum bagi pengunjung. Tentunya bisa dibayangkan betapa sepi dan belum tersentuhnya pantai ini oleh wisatawan. Untuk itu, Anda perlu membawa perbekalan yang cukup jika berkunjung ke pantai terpencil ini.

Namanya yang cukup unik diambil dari nama tumbuhan obat yang banyak ditemukan di pinggir pantai ini.

Nah, jika Anda sudah dimanjakan dengan pantai Gunung Kidul yang masih perawan, Anda bisa mencoba jenis wisata air lain yang tak kalah serunya di Yogyakarta. Seperti tempat wisata berikut:

  • Kalisuci Tubing

Tempat wisata di Yogyakarta ini menawarkan sensasi petualangan air yang cukup seru. Di sini, wisatawan dapat menelusuri sungai, masuk ke gua, sembari tubing alias menaiki ban botak. Pastinya wisata air ini aman karena sebelum memulai petualangan, wisatawan akan diberi pengaman seperti pelampung, helm, dan pelindung betis agar tak cedera. Pemandu akan menemani dari awal sampai akhir petualangan sehingga Anda yang tak bisa berenang pun tetap dapat bersenang-senang dengan aman.

destinasi-wisata-1

  • Pemandian Tirta Budi

Pemandian Tirta Budi terletak di Desa Dalem, Widodomartani, Sleman, Yogyakarta. Meskipun disebut pemandian, tempat wisata ini adalah kolam alami yang lebih terkenal dengan sebutan Blue Lagoon. Sebutan ini dikarenakan warna air kolam yang biru jernih. Sayangnya warna biru jernih ini tidak selalu bisa didapatkan karena waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat musim kemarau. Pada musim hujan, warna air menjadi keruh dan kecoklatan.

Sudah terdapat fasilitas untuk pengunjung seperti outbound, kantin, dan mushola di tempat wisata ini.

  • Taman Sungai Mudal

Tempat wisata yang terletak di daerah Mudal, Jatimulyo, Kulon Progo ini menawarkan wisata air yang asri. Ada beragam tumbuhan dan bunga-bunga di sekitar Air Terjun Mudal yang membuat rekreasi air ini seperti relaksasi. Pastinya liburan Anda di tempat ini semakin sempurna dengan berendam di kolam sambil dipijat air terjun alami.